Perlukah Menyamakan Standar Ujian Sekolah Dengan Ujian Nasional ?

8:43 AM
mengerjakan soal Ujian nasional
Standar Akan Disamakan ?

Skema ujian nasional kan beberapa tahun ini mendapat kritikan. Nah, atas alasan itu pula Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, pemerintah akan meningkatkan kualitas ujian bagi para siswa, khususnya ujian sekolah.

Bahkan, kemungkinan pelaksanaan UN akan dimoratorium (dihentikan dan dikaji lebih dulu) meningkatkan kualitas ujian sekolah (US) menjadi lebih baik. Pada zaman orangtua kita dulu, ujian sekolah itu menentukan kelulusan lho. Bahkan ujian sekolahnya pun dibuat langsung oleh pihak sekolah, menyesuaikan dengan karakter masing - masing pendidikan.

Misal, di pesantren ya ada ujian ilmu - ilmu agama sebagai syarat kelulusan.

 Klik gambar
Klik gambar


"Skema dari Kemendikbud, berdasarkan hasil penelitian dan kajian harus dimoraturium. Tapi kami ambil kompromi yaitu di samping UN, harus ada US berstandar nasional. Semua mata pelajaran di sekolah baik UN  yang diujikan secara nasional dan US di sekolah posisinya sama,"

kata bapak Muhadjir di Gedung Bina Graha, Kantor Staf Presiden, Jakarta Pusat, Senin (23/10).

Saat ini pemerintah, akan terus meningkatkan perbaikan UN dengan mengoptimalkan ujian berbasis komputer pada seluruh sekolah. Upaya ini sekaligus untuk menekan kemungkinan kecurangan yang dilakukan siswa dalam menjalankan ujian.



Tahun lalu, hanya 4000 sekolah yang terlibat ujian nasional berbasis komputer. Tahun 2018 ditargetkan ada 38 ribu sekolah melaksanakan UNBK, 80 persen SMA/SMK 40 persen SMP. Selanjutnya diharapkan sebanyak 80 persen SMP sudah bisa melaksanakan UNBK.

Ia juga menambahkan, perlunya banyak evaluasi dalam pelaksanaan UN seperti halnya soal pilihan ganda yang kurang mampu menggali kompetensi siswa. Tahun ini, Muhadjir dan kementerian yang dipimpinnya tengah mengkaji opsi lain untuk soal-soal UN. Utamanya yang menggunakan standar Higher Order Thinking Skill Set

Bagaimana menurut kamu ? Sudah siap menjalani ujian dengan model soal seperti itu ?

Sumber Informasi : Kumparan

Mau ikut program Super Camp SBMPTN dengan biaya lebih murah ? Klik gambar dibawah yah  untuk dapat informasinya lebih awal!

 Klik gambar




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »