Bu Megawati : Ujian Nasional (UN), Kenapa Ribut ?

7:43 AM
universitas negeri padang beri gelar doktor ke bu mega
Bu Mega di Universitas Negeri Padang

Kenapa sih setiap UN Indonesia ribut - ribut ? Nah, mungkin kamu perlu tahu jawaban dari Ibu Megawati Soekarno Putri berikut.

"UN kok ribut, kenapa ribut? Katanya terlalu susah, padahal ayah (Sukarno) saya bilang kalau belajar itu tidak boleh berkata ini susah,"

Beliau pun jadi teringat dengan masa-masa bersekolah dulu. Saat itu, Megawati pernah mendapat nilai 3 dalam mata pelajaran Kimia.

"Saya dan teman-teman yang nilainya sama berpikir ini kenapa? Sebetulnya kita yang bodoh, atau gurunya yang tidak bisa terangkan. Ternyata setelah ganti guru kami dapat nilai 7. Berarti ini gurunya yang bodoh. Kita boleh lo berkata (protes guru) kalau ada yang tidak benar,"

ucap bu Mega, disambut tawa dan tepuk tangan hadirin Universitas Negeri Padang saat itu.

Klik untuk mendownload soal UN kamu


Presiden kelima Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri baru saja menerima gelar doctor honoris causa dari Universitas Negeri Padang (UNP).

Selain tentang ujian nasional, dalam pidatonya, Megawati sempat mengingatkan generasi milenial untuk menjunjung tinggi jati diri bangsa.

"Kita punya jadi diri. Makanya saya bilang kalau kamu ingin kebarat-baratan, ya jangan tinggal di Indonesia. Pergi sana kamu ke luar negeri,"


Beliau pun tak setuju bila mereka yang besar di tahun 2000-an disebut sebagai generasi milenial. Ia khawatir, istilah itu akan membuat generasi baru Indonesia menjadi besar kepala.

"Jadi saya lihat kenapa generasi sekarang, saya sampai bilang kepada Pak Presiden, kenapa sih bilangnya generasi milenial? Nanti mereka sombong loh, sebutnya generasi baru saja,"


Gelar Doktor Honoris Causa Untuk Bu Mega


Menurut Rektor Universitas Negeri Padang, bapak Ganefri, gelar doctor honoris causa ini diberikan setelah melihat rekam jejak Megawati yang cukup panjang di bidang politik pendidikan.

Dia menilai, putri presiden pertama RI Sukarno itu, berhasil mengubah paradigma pendidikan nasional sejak awal reformasi, yang manfaatnya dirasakan sampai sekarang.

"Ibu Megawati luar biasa berjasa dalam sistem pendidikan nasional ketika Beliau saat menjabat sebagai presiden telah mengubah paradigma pendidikan nasional,"

Salah satu yang dilahirkan Megawati, ucap dia, adalah UU Nomor 20 Tahun 2003.

UU itu mengimplementasikan amanat konstitusi tentang alokasi 20 persen dana APBN untuk pendidikan. Hal inilah yang membuat Megawati layak diberi gelar doctor honoris causa.

"UU Sisdiknas jelas-jelas mencantumkan tujuan pendidikan adalah untuk membentuk manusia Indonesia yang berakhlak mulia sebagai realisasi dari nation and character building, pembentukan karakter bangsa yang didengungkan oleh Presiden Sukarno berkali-kali pada masa awal berdirinya Republik Indonesia," 

Jelas pak Ganefri.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »