Apakah Tidak Lebih Baik Ujian Mandiri Pakai Nilai SBMPTN Saja ?

10:31 AM
Banner SBMPTN
Banner SBMPTN

Pasti asik banged kalau Ujian Mandiri itu pakai nilai SBMPTN saja kan ya ?

Jadi, para peserta akan bisa lebih maksimal pada SBMPTN saja. Tapi, seandainya tidak lulus, mereka juga tidak perlu ujian lagi. Kampus pun jadi lebih dimudahkan.

Pada tahun ini, ada beberapa perguruan tinggi yang tetap menggelar seleksi mandiri. Di antaranya, Universitas Diponegoro dan Universitas Gadjah Mada. Namun, perguruan tinggi seperti Universitas Padjadjaran, Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung hanya menggelar SBMPTN dan SNMPTN.

Tapi, apa kampus - kampus yang mengadakan Ujian Mandiri mau begitu ?

Kampus seperti ITS dan UNS tahun lalu sudah menggunakan nilai SBMPTN untuk seleksi Ujian Mandirinya.

Pemahaman tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 126/2016 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri.

Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti Intan Ahmad mengatakan, terjadi beragam penafsiran dalam menerjemahkan aturan menteri tersebut. Terutama pada Pasal 12 ayat 2 yang berbunyi

... seleksi mandiri yang dilaksanakan oleh masing-masing PTN menggunakan atau memanfaatkan nilai hasil tes SBMPTN yang difasilitasi panitia pusat.

“Dengan demikian, penjelasan pasal tersebut artinya seleksi mandiri yang dilaksanakan oleh masing-masing PTN diharapkan menggunakan atau memanfaatkan nilai hasil tes SBMPTN yang difasilitasi panitia pusat,” ujar Intan, Senin, 20 Februari 2017.

download soal sbmptn
Klik gambar untuk mendownlaod


Tapi, PTN yang tidak menyelenggarakan seleksi mandiri juga tidak melanggar Permenristekdikti. Kendati demikian, PTN yang menyelenggarakan seleksi mandiri tak boleh lebih dari 30 persen kuota dari setiap program studi yang ada did kampus tersebut.

Kalau menurut kamu kelas 12 gimana nih ? Asik pakai ujian lagi aja atau langsung nilai SBMPTN yang dipakai ?

Sumber informasi : Pikiran Rakyat

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »