Siapa Bilang Lulus Cuma 6 Semester Dari UI Itu Susah ?

10:49 PM
Mahasiswa di Balairung UI
Ribuan Mahasiswa UI

Iya, siapa bilang lulus 6 semester ( 3 tahun) itu susah ?

Susah banged kali !


Bayangin aja, dengan lulus 3 semester, betapa banyaknya beban akademis, tugas - tugas, dan ujian yang harus kita lalui dalam waktu yang lebih singkat. Bayangin nih. Kita juga akan punya waktu luang lebih sedikit dibandingkan teman - teman kita yang sempet nonton dan pacaran.

Sedih...

Tapi, salah satu wisudawan UI tahun 2016 ini, berhasil membuktikannya.

Namanya Richard Henokh Kurniawan, wisudawan dari program sarjana reguler angkatan 2013 yang berhasil menjadi wisudawan muda tercepat yang lulus dari Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) UI, yaitu hanya dalam waktu 3 tahun.

Richard Kurniawan Lulus Fasilkom UI 3 Tahun
Richard Kurniawan

Kejadian ini tentu luar biasa dan prestasi yang membanggakan. Soalnya. umumnya mahasiswa UI itu lulus 3,5 – 4 tahun dari total waktu 8 semester yang diberikan. Ga sekedar lulus, kakak berusia 20 tahun ini juga lulus dengan predikat Cumlaude dengan nilai Indeks Prestasi Kumulatif 3.83.

Menurut Richard, kunci keberhasilannya terletak pada dua hal, yaitu manajemen diri dan waktu. 

Ia menyarankan semua orang untuk mencoba bangun lebih pagi dan melakukan kegiatan fisik.

Selama di UI sering kali saya lari pagi pada pukul 5 atau 6. Tidak hanya memotivasi untuk bisa bangun pagi, lari pagi juga memberikan rasa semangat dan percaya diri di pagi hari

Selain kebiasaan itu, Richard juga selalu mengatur waktu untuk mengulang kembali pelajaran yang diterimanya selama di kelas, yaitu pada pukul 7-9 malam. 

Apalagi rahasia nya ?

Pada saat jam 10 atau jam 11 malam, ia mengusahakan diri untuk tidur, agar bisa bangun pagi keesokan harinya.

Apa Richard punya waktu lebih ? Ternyata iya lho !

Sisa waktunya yang lain ia bagi untuk kegiatan kuliah, bergaul, dan bermain. Semua ini ia jalani dengan konsisten dan disiplin, sehingga manajemen waktu dan dirinya cukup terjaga.

Richard, yang juga merupakan seorang ketua angkatan, masih bisa mengkoordinir acara angkatan setiap semester, bahkan Richard masih bisa membentuk band “Anticode Sophomore” yang rutin tampil di acara-acara besar UI seperti Compfest dan Computers Get Together.

Menurutnya, yang menjadi motivasi terbesar adalah prestasi yang dibuat oleh ayahnya sebelumnya. 

Ayah saya dulu juga merupakan lulusan tercepat pada masa itu, yaitu 4 tahun 3 bulan, ketika umumnya teman-temannya lulus 5-7 tahun

Rencana Richard Selanjutnya Setelah Lulus Dari UI Begitu Cepat


Richard sudah diterima untuk melanjutkan masternya di Renmin University of China di Beijing, jurusan Administrasi Bisnis (gelar MBA). Kerennya lagi, ia pun sudah mengantongi beasiswa S2 dari Kemenristekdikti untuk melanjutkan jenjang pendidikannya ini.

Apa cita-cita Richard ?

Ia bercita-cita menjadi profesional di bidang Teknologi Informasi dan membangun sebuah perusahaan Teknologi Informasi di Indonesia.

Luar biasa sekali ya Richard ini ?

Sebelum kamu memutuskan untuk mengomentari atau menyebarkan artikel ini. Coba jawab pertanyaan saya dulu :

Rencana jangka pendek untuk masa depan mu apa ?

Lihat keseruan wisuda Richard dkk di balairung UI tempo hari lewat video ini  ya .


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »