Gak Biasa. Peminat Jurusan Filsafat Di Kampus Ini Meningkat

11:04 AM
Mahasiswa Filsafat UGM
Beberapa Mahasiswa Jurusan Filsafat UGM

Dibandingkan jurusan lain di bidang ilmu sosial, sebutlah jurusan ekonomi atau komunikasi, sudah tentu jurusan yang satu ini tidaklah akan lebih banyak peminatnya.

Jurusan filsafat namanya.

Bahkan, alih - alih mengenal tokoh ilmu filsafat Indonesia seperti Jakob Soemarjo, bisa jadi kebanyakan kamu hanya mengenal seorang Dian Sastro Wardoyo sebagai alumni jurusan Filsafat (UI).

Dian Sastro alumni filsafat ui
Iya. Aku Alumni Filsafat UI. Salam Kenal Ya

Walaupun artikel ini tidak sedang membahas tentang jurusan Filsafat UI, namun, kabar baik ini bisa berlaku secara umum buat jurusan Filsafat se-Indonesia.

Di Universitas Gadjah Mada, jumlah peminat Program Studi Ilmu Filsafat sedang mengalami peningkatan secara signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. 

Dekan Fakultas Filsafat UGM, Dr. M. Mukhtasar Syamsuddin, mengatakan tingkat kompetisi dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru pada tahun 2015/2016 mengalami peningkatan. Peminat Fakultas Filsafat UGM melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN mencapai 900 orang. Sementara itu, kuota yang disediakan hanya untuk 150 orang.

" Ada peningkatan peminat di Fakultas Filsafat dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya "

Jumlah mahasiswa baru yang diterima pada tahun ajaran 2015/2106 sebanyak 184 orang. Dari jumlah tersebut, 75 orang diantaranya diterima melalui jalur SNMPTN, 48 orang lewat jalur SBMPTN, dan 60 lainnya melalui jalur UM UGM. Sementara yang melakukan daftar ulang sebanyak 142 orang.

“ Saat ini, secara keseluruhan ada 513 mahasiswa yang terdaftar aktif dalam program sarjana "

Sementara itu, pada program pascasarjana ada 102 orang. Jumlah itu meliputi 45 orang program master dan 57 orang program doktoral. Untuk saat ini, Fakultas Filsafat UGM memiliki 44 dosen tetap. Jumlah tersebut terdiri dari 3 guru besar, 21 orang bergelar doktor, 17 orang bergelar master, dan 3 orang bergelar sarjana. Ditambah dengan 1 guru besar emiritus.

Dalam kesempatan tersebut, pak Mukhtasar juga menyampaikan apa yang telah dicapai jurusan Filsafat UGM dalam bidang penelitian. 

Pada tahun ajaran 2015/2016 Fakultas Filsafat berhasil melakukan 71 penelitian dengan menghasilkan 72 judul penelitian dan 5 buku. Sementara dalam bidang publikasi, pihaknya berhasil mempublikasikan 4 judul buku berbahasa Indonesia dan 1 buku berbahasa asing.

Selain itu, di bidang pengabdian masyarakat, Fakultas Filsafat UGM juga telah melakukan pengabdian masyarakat di 27 lokasi. Beberapa diantaranya berada di wilayah Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Padang, Banjarmasin, Sulawesi Selatan, Mataram, dan Bali.



Filsafat memang bukan jurusan aplikatif seperti halnya Akuntansi atau Teknik Elektro, Dia juga mungkin bukan sains murni seperti Biologi atau Antropologi. Namun, Ilmu Filsafat adalah penyumbang terbesar perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi manusia dari zaman ke zaman.

Menurut kamu bagaimana ?


Sumber informasi tentang jurusan Filsafat UGM

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »