Keren nya PPSMB UGM 2016 ("Ospek") dan Harus Kita Tiru

5:09 PM
Mahasiswa Baru di PPSMB UGM
Pulangkan Saja Aku Pada Ibuku !

Setiap tahunnya, kegiatan seremonial penerimaan mahasiswa baru UGM memang berlangsung meriah dan layak untuk dikenang. Dan diantara keseruan yang ada, dibuatnya lambang Garuda Indonesia pada tahun 2014 bisa dibilang sebagai yang terbaik.

Tapi, jangan senang dulu, tahun ini ternyata ospek UGM, atau yang lebih dikenal dengan Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru UGM 2016 berlangsung lebih keren !

Sebelum membaca lebih jauh, ini lihat dulu coba video rangkuman kegiatannya.





Bangga Menjadi Gadjah Mada Muda !


Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru UGM 2016 resmi ditutup oleh Rektor UGM, Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., PhD, Sabtu (6/8). Sedangkan, orasi kebangsaan, yang tahun lalu disampaikan oleh Bapak Gandjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah, tahun ini disampaikan oleh Ir. Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan Republik Indonesia. 

Penutupan PPSMB UGM 2016 ini dimeriahkan dengan pembentukan formasi-formasi seperti tahun-tahun sebelumnya diantaranya Kepulauan Indonesia, Indonesia Raya, lambang Garuda Pancasila, lambang ASEANdan ditambah formasi baru tahun 2016, lambang United Nations.

Sebanyak 8. 745 mahasiswa baru Universitas Gadjah Mada Tahun Akademik 2016/ 2017 bersama-sama membentuk formasi lambang United Nations (Perserikatan Bangsa-Bangsa) tersebut di Lapangan Pancasila, Grha Sabha Pramana, Sabtu (6/8). Lambang PBB dibuat berukuruan besar dengan caping berwarna biru dan putih yang digunakan mahasiswa baru. 


Lambang PBB di PPSMB UGM 2016
Lambang PBB Yang Dibuat Oleh Mahasiswa Baru UGM 2016

Lambang PBB yang terbentuk tersebut memiliki arti bahwa UGM siap menjadi global citizens (warga negara global) yang berkontribusi dan peduli terhadap permasalahan global. Selain itu, lambang PBB memiliki pesan kepada seluruh penduduk dunia bahwa Indonesia memiliki kepedulian tinggi terhadap perdamaian dunia.Namun, meskipun siap menjadi global citizens, UGM tidak melupakan identitas bangsanya. 

Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi, dalam orasinya berkata 


Format pengenalan ini akan manjadikan mahasiswa insan akademik yang memiliki hubungan antar manusia dengan luar biasa

Bapak Budi Karya juga menyampaikan bahwa UGM adalah universitas yang memiliki kemajemukan mahasiswa dari seluruh Indonesia. Kemajemukan itu nantinya akan menjadikan para mahasiswa memiliki kepekaan sosial. 



Yakinlah, seseorang yang memiliki kecerdasan lebih baik dan menjadikannya sebagai insan-insan yang berhasil

Pada kesempatan itu ia juga mengajak mahasiswa untuk menempa diri dengan kegiatan positif di luar perkuliahan. Menurutnya, kelak mahasiswa akan berhadapan dengan masyarakat sehingga mahasiswa harus memiliki competitive advantage yang antara lain bisa ditempa lewat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang diikuti selama kuliah nanti.

Mahasiswa akan mendapatkan keahlian dan komitmen sebagai modal mahasiswa di kemudian hari

Di akhir acara, rektor UGM berpesan kepada para mahasiswa baru yang akan dipimpinnya


Selamat menempuh pendidikan di UGM, selamat menjadi pemimpin dunia 

Kepengen ga sih jadi maba UGM selanjutnya kalau tahu kegiatan nya seperti ini ? Share pendapat kamu di kolom komentar ya.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »