Karya Mahasiswa Universitas Sriwijaya Ini Keren : Memerangi Kecanduan Gadget

11:12 PM
Seorang anak yang resah. Sumber : pixabay.com

Sekarang malah mungkin kita merasa aneh kalau ada sekelompok anak yang masih memainkan permainan tradisional. Apa - apa, anak-anak hingga kaum dewasa sudah disibukkan dengan segala hal yang ada di layar gadget nya.
Permainan tradisional seperti sasalimpatan, congklak, egrang batok dan lompat tali kini mulai sangat jarang dimainkan oleh anak-anak. Padahal, dalam permainan tradisional, banyak tersimpan unsur pendidikan maupun kesehatan yang bisa diperoleh lho.
Tidak cuma diam, sekelompok mahasiswa kedokteran Universitas Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan, yang nernaung dalam komunitas Sharing-Finding Understanding (SIN), mencoba memperkenalkan kembali sejumlah permainan tradisional seperti sasalimpatan, egrang batok kelapa, congklak, lompat tali dan anjing-kucing ke sejumlah pelajar sekolah dasar di kawasan bantaran sungai Kelurahan Mataram Kertapati, Palembang. Rencananya, 
Tak sekadar mendampingi anak-anak ini bermain, para relawan juga mengajarkan nilai-nilai edukatif dan juga kesehatan yang bisa didapatkan dari berbagai jenis permainan tradisional tersebut
ujar Ketua Komunitas SIN, Puspa Fitriyanti.
Kak Puspa menyebut menyebut, selain melatih ketangkasan, keterampilan, kekompakan, dan juga sarana berinteraksi antarmereka permainan tradisional pun diyakini mampu merangsang otot-otot motorik maupun psikologis sehingga sangat baik bagi pertumbuhan anak-anak agar lebih sehat dan kompetitif.
Kami harap, permainan tradisional dapat kembali disukai oleh anak-anak. 

Sumber informasi :

http://news.okezone.com/read/2016/04/03/65/1352666/perangi-gadget-dengan-permainan-tradisional 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »