Di UNS, Kalau Hafiz Bisa Lebih Mudah Diterima Jadi Mahasiswa Baru Lho

2:53 PM
kampus universitas sebelas maret
Logo UNS. Sumber : uns.ac.id

Sejak tahun 2012, UNS mulai memberikan apresiasi kepada calon mahasiswa yang mempunyai sertifikat hafiz berupa poin tambahan dan menjadi perguruan tinggi pertama yang memberikan apresiasi kepada calon mahasiswa yang mempunyai sertifikat hafiz. 
Orang yang hafal 30 juz itu kan luar biasa ya, jadi kita hargai mereka. Kan seperti mereka yang menjadi juara olimpiade kan juga kita hargai. Jadi mereka kita apresiasi dengan poin tambahan
terang Sutarno, Wakil Rektor Bidang Akademik saat ditemui di kantornya (16/6/2016).
Hingga saat ini, jumlah penghafal alquran di UNS yang mempunyai hafalan lebih dari 10 Juz, terdiri dari 34 putra dan 33 putri. Sedangkan 23 putra dan 12 putri diantaranya sudah hafal 30 Juz. 
Pak Sutarno menekankan bahwa apresiasi yang diberikan kepada calon mahasiswa yang mempunyai sertifikat hafiz hanya berupa poin tambahan saja. Jadi tetap saya, untuk menjadi mahasiswa UNS (lewat jalur SNMPTN) mempertimbangkan nilai akademik yang dimilikinya.
Tahun ini yang jalur SNMPTN yang daftar dengan sertifikat hafiz ada 32, tapi yang diterima hanya 14. Kan ada pertimbangan nilai akademiknya juga. Kalau nilai akademik dijumlah dengan poin dari sertifikat hafiz tidak memenuhi passing grade, maka ya tidak diterima
Kampus UNS memberi batas hafalan calon mahasiswa, yaitu minimal 15 juz. 
Untuk hafalannya minimal 15 juz, lalu kita skala. Jadi poinnya juga otomatis berbeda. Kalau 30 juz itu seperti olimpiade internasional, poinnya 250
Selain itu, hafalan calon mahasiswa tersebut juga akan dites lagi hafalannya.
Hafalannya di tes lagi, kita minta bantuan dari anak-anak Ilmu Alquran (salah satu UKM di UNS). Kan ada beberapa anak yang hafiz di UNS ini, jadi kita minta tolong ke mereka. Dulu dari lembaga, tapi sekarang anak-anak Ilmu Alquran aja.
Selain itu, Pak Sutarno menambahkan bagi mereka yang mempunyai sertifikat hafiz dianjurkan untuk mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Ilmu Alquran, agar bisa membantu menjaga hafalannya. 
Kalau masuknya 30 juz, keluarnya kurang dari itu, kan saya ikut berdosa. Maka banyak acara yang bertujuan untuk membantu menjaga hafalan mereka, seperti khataman setiap 3 bulan
Terakhir, pak Sutarno menutup pembicaraan
Kalau banyak anak-anak yang hafal alquran, insya Allah kampus ini berkah. Kan bisa memengaruhi tingkah laku yang baik dan sekaligus bisa menjadi media pendidikan berkarakter, kan pendidikan berkarakter itu sangat penting.
Wah, salut dengan UNS !. Apakah akan diikuti oleh PTN PTN non agama Islam lainnya ? 

Terus nanti buat yang non - muslim apa kelebihan yang bisa disertakan biar bisa lebih diterima dalam seleksi mahasiswa ? 

Sumber informasi :

https://uns.ac.id/id/uns-update/mahasiswa-hafiz.html

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »