Program Diploma III Unpad Sekarang Bergelar Sarjana Terapan (Diploma IV)

8:19 AM
Foto wisuda unpad
Kakak - kakak sarjana Unpad. Sumber : ayobandung.com


Halo teman - teman. Ada kabar baik dari Universitas Padjadjaran nih. Silahkan disimak yaa.
Berkuliah di jenjang diploma dapat menjadi alternatif baik buat kamu yang akan melanjutkan perguruan tinggi. Terlebih buat kamu yang berfokus agar ilmu yang dipelajari adalah ilmu yang lebih cepat diterapkan.




Nah, pada tahun akademik 2016/2017 mendatang, Unpad akan meningkatkan jenjang pendidikan Diploma III menjadi Diploma IV. Program ini juga dimaksud dengan program Sarjana Terapan. Lulusannya bergelar S.Tr. Masa studi Program Diploma IV ini akan sama dengan program Sarjana, yaitu 4 tahun..


Menurut Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Bapak Dr. Arry Bainus, M.A
Kalau hanya D III, dia hanya berhenti, tidak ada jembatan untuk ke Pascasarjana Terapan.

Metode pendidikan Diploma IV, kata pak Arry, akan lebih banyak mengimplementasikan program open extended campus. Staf pengajar Diploma IV lebih banyak praktisi dari luar yang memiliki kepakaran sesuai dengan program studi yang dibuka. Sementara pendidikan di program Sarjana lebih akademis.

Ada empat fakultas yang saat ini menyelenggarakan pendidikan Diploma III, yaitu 

- Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Program Ahli Administrasi Perusahaan/PAAP), 
- Fakultas Ilmu Komunikasi (Kehumasan),
- FISIP (Administrasi dan Administrasi Pemerintahan), serta 
- FMIPA (Analisis Kimia).


Bagaimana Mendaftar Diploma IV Unpad ?

Koordinator Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP), bapak Muchtaridi, M.Si., PhD., Apt., mengatakan, penamaan program studi Diploma IV akan mengalami perubahan berdasarkan kesepakatan masing-masing program studi. 
Prodi PAAP akan diubah menjadi Perpajakan, prodi Administrasi menjadi Administrasi Publik, prodi Kehumasan menjadi Manajemen Produksi Media, serta prodi Analisis Kimia menjadi Kimia Terapan.
Berbeda dengan SNMPTN dan SBMPTN, pendaftaran Diploma IV tidak dibatasi tahun kelulusan

Hingga tanggal 17 Juni, ada tiga prodi yang membuka pendaftaran Diploma IV untuk tahun akademik 2016/2017 lewat jalur SMUP, yaitu Kebidanan, Administrasi Publik, Administrasi Pemerintahan. Sedangkan untuk prodi PAAP masih diproses untuk kemungkinan dibuka pendaftaran pada tahun akademik 2016/2017. 
Prodi lainnya masih dilakukan proses presentasi di hadapan Senat Akademik serta diverifikasi oleh Satuan Penjaminan Mutu Unpad. 
Keputusannya tanggal 20 Juni mendatang, sementara untuk Diploma Kimia Terapan dan Manajemen Produksi Media akan dibuka pada 2017 mendatang.


Kapan dan Dimana Mendaftarnya ?

Pendaftaran seleksi Diploma IV sendiri akan dibuka pada 20 Juni hingga 22 Juli mendatang. Pendaftaran dilakukan secara online di laman https://smup.unpad.ac.id/lalu klik “Diploma”.Seleksi yang dilakukan sama dengan SNMPTN yaitu menggunakan basis nilai rapor SMA untuk tiga mata pelajaran utama (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika) dan mata pelajaran pilihan yang ditetapkan prodi, serta seleksi Indeks Sekolah.
Untuk tahun ini, lokasi perkuliahan program Diploma IV diselenggarakan di kampus Jatinangor dan Bandung.
Teman-teman tertarik ? Segera kunjungi website resminya yaa.
Jangan lupa artikel ini disebarkan di media sosial kamu.

Sumber informasi :
http://www.unpad.ac.id/2016/06/mulai-tahun-ini-pendidikan-diploma-iii-unpad-meningkat-jadi-diploma-iv/

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »