Mahasiswa

SBMPTN

Ujian Mandiri

Recent Posts

Bayar Lebih Mahal Akan Lebih Mudah Lulus Ujian Mandiri ?

2:49 PM Add Comment
biaya kuliah di UM

Ikut ujian mandiri ? Sudah tahu berapa biaya kuliah mahasiswa yang masuk ujian mandiri ?

Semoga informasi ini bermanfaat ya

Sudah rahasia umum kalau biaya kuliah di jalur mandiri memang lebih mahal. Tidak hanya membayar uang kuliah semester (UKS), tetapi juga ada sumbangan yang dibayar sekali ketika masuk. Penyebutannya berbeda-beda. Di Unair disebut uang kuliah awal (UKA), sementara di ITS dinamai sumbangan pengembangan institusi (SPI). Besarannya juga beda.

Konon, ada pendapat yang bilang bahwa semakin besar uang sumbangan yang kita dapat berikan, akan makin besar kemungkinan kita diterima.

Benarkah begitu ?

Ketua Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Universitas Airlangga, bapak Achmad Solihin mengatakan, mayoritas sasaran jalur mandiri adalah kalangan ekonomi menengah ke atas.UKS yang diberikan akan disesuaikan dengan kemampuan camaba.

Tahun ini ada lima golongan UKS. Paling murah golongan 1 Rp 500 ribu. Besaran di setiap prodi akan berbeda-beda. Begitu juga UKA.

Di Unair UKA minimal paling sedikit adalah Rp 15 juta untuk prodi ilmu sejarah dan fisika. Sementara jumlah minimal tertingginya ada di prodi kedokteran yakni Rp 70 juta. Tidak ada batas maksimal yang ditentukan.

"Namun kalau ada pemamaham semakin besar sumbangan, peluang lebih besar, itu salah. Tidak ada hubungannya antara besaran sumbangan dan peluang,"

Kenyataannya sih, jika sumbangan yang dibayar sangat besar, tetapi kemampuan atau nilai hasil seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) rendah, peserta tetap tidak diterima.
Pak Solihin menjelaskan lagi, Unair sudah menentukan UKA dan UKS minimal di setiap prodi.

Namun, saking tingginya antusiasme masyarakat untuk masuk Unair, banyak yang berlomba-lomba membayar UKA tinggi tanpa melihat kemampuan sang anak.

"Paling besar UKS golongan 5 sekitar Rp 21,5 juta per semester untuk prodi kedokteran," 



Mahal tapi banyak peminat

Meski harus membayar mahal, pendaftar tetap menggandrungi jalur mandiri. Hingga kemarin, total pendaftar jalur mandiri mencapai 15.137 orang.

Menakjubkan. Pendaftar paling banyak justru di prodi dengan biaya UKS dan UKA paling tinggi. Misalnya,

  • prodi kedokteran 3.438 orang,
  • kedokteran gigi 2.173 orang, dan
  • farmasi 1.599 orang.

Bagaimana dengan kampus lainnya ?

 Ramdan Hidayat, wakil rektor (Warek) I UPN Veteran Jatim, menuturkan, jalur mandiri UPN Jawa Timur ( Surabaya ) menggunakan uang kuliah tunggal (UKT) golongan 3 hingga 7.

Sementara itu, UKT golongan 1, 2, dan bidikmisi sudah dipenuhi di jalur SNMPTN dan SBMPTN minimal 25 persen dari total kuota tahun ini.

Tahun ini UPN menerima 3.000 orang mahasisawa baru. Kuota jalur mandiri maksimal 30 persen dari total daya tampung yang dibuka, yakni sekitar 972 orang. Namun, kabar baiknya angka tersebut masih bisa bertambah jika ada camaba dari jalur SBMPTN yang tidak mendaftar ulang.

"Kalau ada kursi yang belum diisi, dimasukkan secara otomatis lewat jalur mandiri,"

Ramdan mengatakan, jalur mandiri memang digunakan untuk memenuhi penerimaan negara bukan pajak (PNBP). Setiap PTN memanfaatkan sumbangan pengembangan instansi tersebut.

UKT akan ditentukan sesuai dengan sejumlah kriteria. Di antaranya, gaji orang tua, listrik, rumah, hingga kendaraan.

Klik gambar


Untuk SPI, UPN menentukan batas minimal Rp 0 dan tertinggi tak terbatas. Camaba yang mendaftar jalur mandiri bisa langsung mengisi SPI sesuai kemampuan. Mulai Rp 0, Rp 15 juta, Rp 30 juta, hingga seterusnya, tak ada batasan maksimal.

Menurut pak Ramdan, besaran UKT dan SPI setiap PTN memang berbeda-beda. Hal itu disesuaikan dengan grade kampus. Untuk kampus yang masuk 500 besar world class university, tentu saja biayanya mahal.

Sementara itu, Rektor ITS Prof Joni Hermana mengatakan, peminat jalur mandiri ITS meningkat jika dibandingkan dengan tahun lalu. Kemarin total lebih dari 8.000 pendaftar jalur mandiri.

Bapak Joni menyebutkan, biaya UKT sama dengan tahun lalu. Untuk SPI minimal, terendah Rp 20 juta dan tertinggi Rp 75 juta.

"Kalau mau menyumbang lebih banyak, juga tidak apa-apa. Namanya juga sumbangan. Tetapi, kami tetap memprioritaskan nilai SBMPTN, bukan besar sumbangannya,"

Disadur dari Jawa Pos 

Masa Sih Sistem Penilaian SBMPTN Yang Baru Menguntungkan Peserta ?

1:01 PM Add Comment


Banyak yang protes soal perbedaan sistem penilaian SBMPTN 2018. Apalagi ngumuminnya ga dari awal tahun ajaran.

Tidak hanya hilangnya pemberian minus pada jawaban yang salah, sistem penilaian SBMPTN tahun 2018 juga memberikan soal dengan tingkat kesulitan berbeda. Panitia SBMPTN juga memberikan poin pada semua jawaban yang benar. Sementara itu, jawaban yang salah atau pertanyaan yang tidak dijawab tidak mendapatkan poin.

Penilaian terhadap SBMPTN 2018 tidak lagi menggunakan nilai 4 untuk jawaban benar, nilai 0  untuk soal yang tidak dijawab dan nilai minus 1 untuk jawaban yang salah.

Sistem penilaian baru tidak hanya memperhitungkan jumlah soal yang dijawab dengan benar dan salah oleh siswa, tetapi juga memperhitungkan tingkat kesulitan masing-masing soal.

Nah, dengan seperti itu, apakah sebenarnya kamu ini dirugikan ?


Eits, tunggu dulu, kamu perlu tahu pendapat yang bilang kalau sistem penilaian baru ini sebenarnya malah nguntungin peserta lho.

Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) bapak Pandu Baghaskoro mengatakan, penggunaan sistem baru memberikan kesempatan bagi siswa untuk menunjukkan kompetensinya.

“Sistem ini memang menyeleksi siswa yang benar-benar berminat pada jurusan tertentu.

Dengan begitu, diharapkan para siswa yang diterima bisa mengikuti kegiatan perkuliahan karena mereka mendaftar pada program studi yang benar-benar diminati sejak awal,”


Meminimalkan Stress

Pak Pandu juga mengatakan, sistem penilaian yang baru juga mempu meminimalkan tingkat stress siswa dalam mengerjakan soal SBMPTN.

Hukum Yerkes-Dodson (1908, seperti dikutip di Benson & Allen, 1980) mengatakan, tingkat stress / beban yang terlalu besar merusak performa dan efisiensi aktifitas individu. Untuk dapat menguji kemampuan calon mahasiswa secara optimal, stress / beban yang dialami peserta pada saat mengerjakan ujian harus berimbang.

Jika peserta ujian dapat mengerjakan ujian secara optimal, penyelenggara ujian dapat betul betul menyeleksi peserta terbaik untuk diluluskan.

Stress / beban kognitif pada sistem minus lebih tinggi karena disamping mengerjakan soal ujian, mereka juga harus mempertimbangkan risiko dari keputusan dalam memberikan jawaban terhadap sebuah soal.

Dalam sistem penilaian minus, ada tiga skenario yang bisa didapatkan berdasarkan hasil keputusan peserta. Bener +4 , salah -1 dan tidak di jawab bernilai 0.

Sementara di dalam sistem penilaian ‘adil’ ada dua skenario yang bisa diapatkan.

“Sistem penilaian ‘adil’ lebih menguntungkan bagi calon mahasiswa maupun penyelenggara.

Bagi calon mahasiswa, sistem ‘adil’ memampukan mereka untuk mengerjakan ujian dengan optimal, karena tingkat stress / beban yang dibebankan dalam sistem ‘adil’ lebih rendah dibandingkan sistem minus,” 

Ya kan ? berarti sebenarnya para pembuat kebijakan dan tim perumus soal sudah mempertimbangkan aspek - aspek ini sebelum membuat peraturan baru.

Mungkin masih ada kekurangan, semoga di tahun - tahun mendatang, pelaksanaan SBMPTN makin baik lagi ya.

Disini Lihat Pengumuman Hasil SIMAK UI 2018

11:38 AM Add Comment
Universitas Indonesia

Halo teman - teman

Bismillah ya. Apapun keputusannya, harus diterima sebagai upah atas segala usaha mu😊

Hari ini 6 Juli 2018 pukul 13.00 WIB Pengumuman hasil seleksi SIMAK UI untuk program Vokasi, Sarjana dan Pascasarjana dapat diakses melalui laman penerimaan.ui.ac.id

Berikut adalah tata cara atau tahapan melihat pengumuman hasil SIMAK UI:

1) Peserta membuka laman penerimaan.ui.ac.id

2) Silakan isi nomor ujian di dalam kolom dan pilih jalur SIMAK

atau

Login di akun pendaftaran penerimaan.ui.ac.id (kamu dapat melihat informasi pengumuman lebih lengkap)

3) Selanjutnya akan muncul keterangan kelulusan SIMAK, apakah kamu dinyatakan diterima atau tidak di UI

Punya pertanyaan dan butuh bantuan terkait tahap selanjutnya?

SIPP UI siap membantumu!

Telepon: 1500-002

Helpdesk: Lantai Dasar Gedung Pusat Administrasi Universitas (Rektorat)

Waktu Layanan: Senin-Jumat Pk. 08.00-16.00

Dimana Sih Lihat Pengumuman Hasil SBMPTN 2018 ?

2:36 PM Add Comment


Buat kamu yang bulan lalu sudah ikutan SBMPTN, wah pasti sehari - hari kamu deg - degan menahan rindu eh pengumuman ya ?

Nah, sebentar lagi penantian mu berakhir nih

Karena hasil SBMPTN akan diumumkan esok hari ( 3 Juli 2018 )

Dimana ya lihat pengumuman tersebut ??

Panitia menginformasikan bahwa untuk pengumuman hasil SBMPTN 2018 yang akan diumumkan pada Selasa, 3 Juli 2018 mulai pukul 17.00 WIB dapat diakses di laman http://pengumuman.sbmptn.ac.id.

Selain itu, pengumuman juga dapat kamu lihat pada mirrorsite - mirrorsite berikut


  1. Link Pengumuman SBMPTN 2018 Institut Teknologi Bandung (ITB)
  2. Link Pengumuman SBMPTN ITS 2018
  3. Link Pengumuman UNAIR 2018
  4. Link Pengumuman SBMPTN Institut Pertanian Bogor (IPB) 2018
  5. Link Pengumuman SBMPTN UNTAN 2018
  6. Link Pengumuman SBMPTN UNSYIAH 2018
  7. Link Pengumuman SBMPTN UNAND 2018


Kamu harus waspada juga ya buat menyaring info - info yang bisa saja berseliweran dan tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya

Informasi resmi dapat diakses melalui http://halo.sbmptn.ac.id, dan call center 0804 1 456 456.

Selain itu, kamu juga bisa langsung mendatangi alamat Panitia Pusat SBMPTN 2018 di Gedung dr. Prakosa (Lt.2), Kantor Pusat Universitas Sebelas Maret.

Siapa tahu gitu kamu penasaran banged, Hehe

Jl. Ir. Sutami No 36A, Kentingan Surakarta 57126, Telp. 0271-7890329, Fax. 0271-636268,

Email: panpus.snmptn.sbmptn@mail.uns.ac.id.

Semoga berhasil ya, kawan !


6 Tips Menghadapi SBMPTN Dari Perwakian Kampus UGM

12:20 PM Add Comment
rektorat universitas gadjah mada


Bagaimana persiapan SBMPTN kamu?? Aku Siap ! Siap ! Siap ! :D

Nah, mewakili almamaternya, Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Bagus Kresna mahasiswa Mikrobiologi Pertanian UGM 2016 dan Aristawati mahasiswi Teknik Kimia 2017 membagikan tipsnya bagi 'pejuang SBMPTN' kamu nih !

1. Kenali diri sendiri

"Teman-teman harus tahu, bagaimana sih cara teman-teman terbaik untuk belajar agar teman-teman dapat menyerapnya dengan baik," kata Bagus seperti dikutip dari akun twitter UGM. Dengan mengenal model belajar masing-masing makan diharapkan proses persiapan akan mencapai hasil maksimal

2. Punya tujuan

Membangun motivasi dengan memiliki tujuan merupakan persiapan dari dalam diri yang disarankan Aristawati. "Kalian harus punya tujuan, bagaimana caranya lulus SBMPTN," ujar Aristwati. Dengan memiliki tujuan maka diharapkan kita dapat menentukan langkah-langkah atau strategi apa yang perlu diambil untuk mencapainya

3. Kenali keahlian

Bagus menyarankan untuk calon mahasiswa peserta SBMPTN untuk juga mengenali keahlian yang dimiliki. Mata pelajaran apa yang menjadi kekuatan kita dan mata pelajaran apa yang menjadi kelemahan kita. Dengan mengetahui kelebihan dan kekuatan kita maka dapat memudahkan dalam mempersiapkan materi yang harus dipelajari

4. Pandai mengatur waktu

Satu hari menjelang waktu tentu banyak hal yang perlu dipersiapkan. Membuat skala prioritas dalam belajar dan juga mempersiapkan hal hal yang dibutuhkan esok tentu membutuhkan manajemen waktu yang baik agar tidak menimbulkan kepanikan

5. Jangan panik

"Kalian tuh ngga boleh yang namanya panik atau kayak stress gitu," saran Aristawati. Mempersiapkan dan juga mengerjakan SBMPTN sangat membutuhkan ketenangan

6. Jaga kesehatan, berdoa, minta restu orangtua

Bagus mengingatkan sangat penting tetap menjaga kesehatan saat fokus mempersiapkan ujian SBMPTN esok. Tidak lupa, berdoa dan meminta restu orangtua adalah hal yang tidak penting.



Semoga bermanfaat ya :)

Artikel disadur dari sini

Video diambil darisini

Seperti Kamu, Mendikbud Pun Sesalkan UN Tidak Jadi Pertimbangan Kelulusan SNMPTN

12:20 PM Add Comment
Nilai UN Tidak Jadi Pertimabangan SNMPTN


Kamu Gemes Juga Ga Karena Nilai UN Gajadi Pertimbangan Kelulusan SNMPTN ???

Sayang banged ga sih, jadi banyak yang " ngeremehin "UN gitu kesannya :(

"Tidak ada lagi alasan untuk tidak menggunakan hasil UN ini. Saya kira kalau ada lembaga yang mengabaikan kerja keras siswa-siswi yang telah menunjukkan tingkat kejujurannya yang tidak diragukan lagi, ini adalah suatu pelecehan,"
kata Mendikbud, bapak Muhadjir saat meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMKN 27 Jakarta, Senin (2/4).

Dia menilai, pelaksanaan Ujian Nasional (UN) dari tahun ke tahun semakin kredibel dan dapat dipertanggungjawabkan. Sehingga dia meminta agar semua pihak tidak lagi menyepelekan nilai UN yang menjadi hasil jerih payah para siswa dan siswi.

"Target kita ya agar pelaksanaan UN kita semakin bisa dipertanggungjawabkan tingkat kejujurannya, standarnya, dan saya rasa perkembangannya pun semakin baik," kata bapak Muhadjir lagi

Untuk diketahui, selama ini nilai UN dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tidak menjadi salah satu pertimbangan pada penerimaan mahasiswa jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Jalur SNMPTN hanya mengacu pada hasil penelusuran prestasi dan portofolio akademik siswa yang bersumber dari Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) saja

"Kami sepakat untuk tidak bergantung pada nilai USBN dan UN untuk jalur SNMPTN. Tapi USBN dan UN boleh dipakai untuk ujian mandiri," ujar Ketua Panitia SNMPTN dan SBMPTN 2018 Ravik Karsidi beberapa waktu lalu.

Sumber liputan : Republika

Pihak Sekolah Bisa Dipanggil Jika Ada Kecurangan Pada SNMPTN 2018

7:18 AM Add Comment
logo snmptn

Semua sekolah peserta SNMPTN harus hati - hati. Jangan main - main dengan nilai siswa-siswinya !

Panitia Lokal (Panlok) Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan melakukan kroscek agar tidak terjadi kecurangan yang dilakukan sekolah.

Beberapa kesalahan seperti input data seperti tidak memasukan hasil ujian remidi, ada pula kasus rapor yang dibawa oleh wali kelas kemudian menjadikan input data tidak valid.

Kroscek ini dilakukan jika ditemukan data yang tidak valid baik saat proses pengunggahan di pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS) maupun pascapengumuman seleksi.

 Tips  Lulus SBMPTN


Verifikasi data oleh kampus dilakukan setelah siswa dinyatakan lolos seleksi oleh panitia pusat.

Nah, jika ada unsur kesengajaan mengarah pada kecurangan dilakukan oleh satu sekolah, dan itu dikalukan berulang kali, maka tidak menutup kemungkinan akan masuk dalam daftar blacklist.


UNY, UGM, UPN Jogja sudah melakukannya


Universitas Negeri Yogyakarta ( UNY ) selama dua tahun terakhir telah melakukan klarifikasi ke belasan sekolah yang mendaftarkan siswanya melalui SNMPTN.

Wakil Rektor 1 UNY, Margana mengatakan, pada tahun 2016 ada 15 sekolah yang dipanggil untuk klarifikasi sedangkan di tahun 2017 terdapat dua sekolah dari DIY dan Jawa Tengah yang di panggil.

Pemanggilan terhadap kepala sekolah dilakukan jika ditemukan perbedaan deviasi atau penyimpangan dari aturan pada nilai hingga mencapai enam poin.

"Dari hasil klarifikasi tersebut pihak sekolah menyampaikan hanya terjadi kesalahan input data saja," 

"Sampai saat ini kami belum memblacklist, hanya imbuan saja dan pembinaan,"
tambahnya.
Bagaimana dengan UGM ?

Direktur Akademik UGM, ibu Sri Peni Wastutiningsi mengatakan, dalam memeriksa data, UGM memiliki tim tersendiri untuk validitas data, di mana tim ini juga memiliki rumus dalam menetapkan formulasi.

Beliau pun mengakui pihaknya juga pernah mengirimi surat ke sejumlah sekolah terkait validitas data.

Akan tetapi, bu Peni memastikan UGM tidak pernah memasukan satu sekolah ke dalam blacklist.

"Kami mengedepankan pendampingan, agar ke depan lebih baik lagi,"

Sementara itu, Wakil Rektor I UPN Jogja Irhas Effendy berharap kepada sekolah untuk mengirimkan data siswa yang valid.

Hal terpenting lainnya adalah, sekolah harus memastikan agar siswa yang dikirim melalui jalur SNMPTN juga memiliki keinginan kuliah di kampus yang dituju.

"Karena kalau sudah diterima tiba-tiba mengundurkan diri, atau mengundurkan diri di semester pertama, kedua, itu termasuk bisa menganggu proses kinerja kami,"

Sumber informasi disini

Gratis Download Soal SBMPTN